DAFTAR ISI

LATIHAN & KUIS 1

Mengerjakan 3 Example dan 3 Problem Tugas Kelompok(Chapter 4.1-4.4) 

LATIHAN 1[kembali] 

Logam Alkali adalah Li, Na, K, Rb, Cs, Fr

EXAMPLE 4.1

Kelompokkan senyawa ionik berikut sebagai dapat larut atau tidak dapat larut: (a) perak sulfat (Ag₂SO₄), (b) kalsium karbonat (CaCO₃), (c) natrium fosfat (Na₃PO₄).

 

Strategi

Meskipun tidak perlu menghafal kelarutan senyawa, kita harus tetap mengingat aturan yang berguna berikut: semua senyawa ionik yang mengandung kation logam alkali; ion amonium; dan ion nitrat, bikarbonat, dan klorat adalah zat dapat larut. Untuk senyawa yang lain, kita perlu merujuk pada Tabel 4.2.


Penyelesaian 

(a) Menurut Tabel 4.2, Ag₂SO₄ tidak dapat larut. 

(b) Ini adalah karbonat dan Ca adalah logam Golongan 2A. Oleh karena itu, CaCO₃ tidak dapat larut. 

(c) Natrium adalah logam alkali (Golongan 1A) jadi Na₃PO₄ larut.


Latihan

Kelompokkan senyawa ionik berikut sebagai dapat larut atau tidak dapat larut: 

(a) CuS, 

(b) Ca(OH)₂, 

(c) Zn(NO₃)₂.



Jawaban

(a)Tidak larut,Karena Cu bukan logam alkali dan S merupakan senyawa tidak larut

(b)Tidak larut,Karena Ca dan (OH) termasuk ke dalam senyawa tidak larut

(c)Larut,karena NO3 termasuk kedalam senyawa larut

 

 

EXAMPLE 4.2

 

Contoh 4.2

 

Prediksikan apakah yang terjadi ketika larutan kalium fosfat (K₃PO₄) dicampur dengan larutan kalsium nitrat [Ca(NO₃)₂]. Tuliskan persamaan ion bersih untuk reaksi ini!

 

Strategi

Dari informasi yang diberikan, pertama-tama berguna untuk menulis persamaan tidak setara

 

K₃PO₄(aq) + Ca(NO₃)₂(aq) → ?

 

Apa yang terjadi ketika senyawa ionik larut dalam air? Ion apa yang terbentuk dari pemisahan K₃PO₄ dan Ca(NO₃)₂? Apa yang terjadi ketika kation bertemu anion dalam larutan?

 

Penyelesaian 

Dalam larutan, K₃PO₄ terdisosiasi menjadi ion K⁺ dan PO₄³⁻ dan Ca(NO₃)₂ terdisosiasi menjadi ion Ca²⁺ dan NO₃⁻. Menurut Tabel 4.2, ion kalsium (Ca²⁺) dan ion fosfat (PO₄³⁻) akan membentuk senyawa yang tidak dapat larut, kalsium fosfat [Ca₃(PO₄)₂], sedangkan produk lainnya, KNO₃ dapat larut dan tetap dalam larutan sebagai ion. Karena itu, ini adalah reaksi presipitasi. Kita mengikuti prosedur bertahap yang baru saja dijelaskan.

 

Langkah 1: Persamaan molekul setara untuk reaksi ini adalah

 

2K₃PO₄(aq) + 3Ca(NO₃)₂(aq) → Ca₃(PO₄)₂(s) + 6KNO₃(aq)

 

Langkah 2: Untuk menulis persamaan ion, senyawa yang larut ditampilkan sebagai ion terdisosiasi:

 

6K⁺(aq) + 2PO₄³⁻ (aq) + 3Ca²⁺(aq) + 6NO₃⁻(aq) → 6K⁺(aq) + 6NO₃⁻(aq) + Ca₃(PO₄)₂(s)

 

Langkah 3: Menghilangkan ion penonton (K⁺ dan NO₃⁻) di setiap sisi persamaan, kita mendapatkan persamaan ion bersih:

 

3Ca²⁺(aq) + 2PO₄³⁻ (aq) → Ca₃(PO₄)₂(s)

 

Langkah 4: Perhatikan bahwa karena kita pertama-tama menyetarakan persamaan molekul, persamaan ion bersih disetarakan dengan jumlah atom di setiap sisi dan jumlah muatan positif (+6) dan negatif (-6) di sisi kiri adalah sama.

 


Latihan

Prediksikan apakah endapan akan dihasilkan dengan mencampurkan larutan Al(NO₃)₃ dengan larutan NaOH. Tuliskan persamaan ion bersih untuk reaksi ini!

 

Jawaban

 

Dalam larutan, Al(NO3) terdisosiasi menjadi ion Al3+ dan NO3⁻ dan NaOH terdisosiasi menjadi ion Na⁺ dan OH⁻. Menurut Tabel 4.2, ion Natrium (Na) dan ion nitrat (NO3⁻) akan membentuk senyawa  natrium nitrat [NaNO3] yang dapat larut  dan tetap dalam larutan sebagai ion. sedangkan produk lainnya, Al(OH)3 tidak dapat larut Karena itu, ini adalah reaksi presipitasi. Kita mengikuti prosedur bertahap yang baru saja dijelaskan.



Langkah 1: Persamaan molekul setara untuk reaksi ini adalah

 

Al(NO₃)₃(aq) + 3NaOH(aq) → 3NaNO3(aq) + Al(OH)3(s)

 

Langkah 2: Untuk menulis persamaan ion, senyawa yang larut ditampilkan sebagai ion terdisosiasi:

 

            3Na⁺ + 3OH⁻ + Al³⁺ +3NO₃⁻ → 3Na⁺ + 3NO₃⁻ + Al(OH)3(s)

 

Langkah 3: Menghilangkan ion penonton (Na⁺ dan NO₃⁻) di setiap sisi persamaan, kita mendapatkan persamaan ion bersih:

 

Al³⁺ +  3OH⁻ → Al(OH)3(s)

 

Langkah 4: Perhatikan bahwa karena kita pertama-tama menyetarakan persamaan molekul, persamaan ion bersih disetarakan dengan jumlah atom di setiap sisi dan jumlah muatan positif  dan negatif  di sisi kiri adalah sama.

 

 

 

EXAMPLE 4.3

 

Contoh 4.3

Klasifikasi masing-masing spesi berikut dalam larutan air sebagai asam atau basa Brønsted: (a) HBr, (b) NO₂⁻, (c) HCO₃⁻.

 

Strategi

Apa karakteristik asam Brønsted? Apakah asam Brønsted mengandung setidaknya satu atom H? Dengan pengecualian amonia, sebagian besar basa Brønsted yang akan kita jumpai pada tahap ini adalah anion.

 

Penyelesaian

(a) Kita tahu bahwa HCl adalah asam. Karena Br dan Cl keduanya adalah halogen (Golongan 7A), kita harapkan HBr, seperti HCl, terionisasi dalam air sebagai berikut:

 

HBr(aq) → H⁺(aq) + Br⁻(aq)

 

Oleh karena itu HBr adalah asam Brønsted.

 

(b) Dalam larutan, ion nitrit dapat menerima proton dari air membentuk asam nitrit:

 

NO₂⁻(aq) + H⁺(aq) → HNO₂(aq)

 

Sifat ini menjadikan NO₂⁻ basa Brønsted.

 

(c) Ion bikarbonat adalah asam Brønsted karena terionisasi dalam larutan sebagai berikut:

 

HCO₃⁻ (aq) H(aq) + CO₃²⁻(aq)

 

Ion ini juga merupakan basa Brønsted karena dapat menerima proton membentuk asam karbonat:

 

HCO₃⁻(aq)  +  H⁺(aq)  HCO(aq)

 

Komentar

Spesi HCO₃⁻ dikatakan bersifat amfoter karena memiliki sifat asam dan sifat basa. Panah ganda menunjukkan bahwa ini adalah reaksi yang dapat balik.

 

Latihan

Klasifikasi masing-masing spesi berikut sebagai asam atau basa Brønsted:

(a) SO₄²⁻

(b) HI.

 

Jawab 

(a) SO₄²⁻

dalam larutan ion sulfat akan dapat menerima proton membentuk asam sulfat:

 

                                SO₄²⁻(aq) + 2H⁺(aq) → H2SO₄(aq)

 

sifat ini menjadikan SO₄²⁻ basa Brønsted

 

(b)HI

Kita tahu bahwa HI adalah asam. Karena I dan Cl keduanya adalah halogen (Golongan 7A), kita harapkan HI, seperti HCl, terionisasi dalam air sebagai berikut:

 

HI(aq) → H⁺(aq) + I⁻(aq)

 

Oleh karena itu HBr adalah asam Brønsted.

 

 

EXAMPLE 4.4

 

Contoh 4.4

 

Tetapkan bilangan oksidasi untuk semua unsur dalam senyawa dan ion berikut ini: (a) Li₂O, (b) HNO₃, (c) Cr₂O₇²⁻.

 

Strategi 

 

Secara umum, kita mengikuti aturan yang baru saja dicatat untuk menetapkan bilangan oksidasi. Ingat bahwa semua logam alkali memiliki bilangan oksidasi +1, dan dalam banyak kasus hidrogen memiliki bilangan oksidasi +1 dan oksigen memiliki bilangan oksidasi -2 dalam senyawanya.

 

 

Penyelesaian 

 

(a) Berdasarkan aturan 2 kita melihat bahwa litium memiliki bilangan oksidasi +1 (Li⁺) dan bilangan oksidasi oksigen adalah -2 (O²⁻).

 

 

(b) Ini adalah rumus untuk asam nitrat, yang menghasilkan ion H⁺ dan ion NO₃⁻ dalam larutan. Dari aturan 4 kita melihat bahwa H memiliki bilangan oksidasi +1. Dengan demikian gugus lain (ion nitrat) harus memiliki bilangan oksidasi bersih -1. Oksigen memiliki bilangan oksidasi -2, dan jika kita menggunakan x untuk mewakili bilangan oksidasi nitrogen, maka ion nitrat dapat ditulis sebagai

 

[N⁽ˣ⁾O₃⁽²⁻⁾]⁻

 

sehingga  

x + 3(-2) = -1

 

atau

x = +5

 

(c) Dari aturan 6 kita melihat bahwa jumlah bilangan oksidasi dalam ion dikromat Cr₂O₇²⁻ harus -2. Kita tahu bahwa bilangan oksidasi O adalah -2, jadi yang tersisa hanyalah menentukan bilangan oksidasi Cr, yang kita misalkan disebut y. Ion dikromat dapat ditulis 

sehingga

2(y) + 7(-2) = -2

atau

y = +6

 

Periksa 

Dalam setiap kasus, apakah jumlah bilangan oksidasi semua atom sama dengan muatan bersih pada spesi?

 

Latihan

Tetapkan bilangan oksidasi untuk semua unsur dalam senyawa dan ion berikut ini: (a) PF₃, (b) MnO₄⁻.

 

Jawab

(a)PF₃

F adalah unsur golongan VII A sehingga biloksnya adalah -1

maka biloks dari P adalah +3

 

(b)MnO₄⁻

O biloksnya adalah (negatif) 2  (x 4 karena ada 4)

Jumlah Biloks MnO₄⁻ adalah -1

Mn = x

x + (-8) = -1

Mn biloksnya adalah 7

 

 

 

 

KUIS 1[kembali]

PROBLEM 4.1

4.9 Identifikasi setiap zat berikut sebagai elektrolit kuat, elektrolit lemah, atau nonelektrolit: 

(a) H2O, (b) KCl, (c) HNO3, (d) CH3COOH, (e) C12H22O11

Jawab

(a) H20 = elektrolit lemah

(b) KCL = garam/non elektrolit

(c)HNO3 = elektrolit kuat

(d)CH3COOH =elektrolit lemah

(e)C12H12011 = non elektrolit

 

4.12 Memprediksi dan menjelaskan yang mana dari sistem berikut ini secara elektrik menghantarkan: (a) NaCl padat, (b) NaCl cair, (c) larutan berair NaCl.

  Jawab

  NaCl padat tidak dapat menghantarkan listrik sedangkan larutan NaCl dapat menghantarkan listrik. Dari fakta tersebut dapat di simpulkan bahwa NaCl bentuk padatan (solid) tidak dapat menghantarkan arus listrik karena ion – ionnya tidak dapat bergerak bebas disebabkan terperangkap dalam bentuk padatan atau kristal yang terikat kuat dan rapat. Sedangkan dalam bentuk larutan (aq) dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas.  Ion-ion yang terbentuk dalah kation (ion positif) dan anion (ion negatif). Bila arus listrik dihubungkan, kation bergerak menuju katode dan anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir.

(a)tidak dapat menghantarkan 

(b)dapat menghantarkan 

(c)dapat menghantarkan

 

PROBLEM 4.2

4.20 Cirikan senyawa berikut sebagai senyawa yang dapat larut atau tidak larut dalam air: 

(a) CaCO3, (b) ZnSO4,(c) Hg (NO3) 2, (d) HgSO4, (e) NH4ClO4.

Jawab

 

(a) tidak larut terhadap air

(b)larut terhadap air

(c)tidak larut terhadap air

(d)tidak larut dalam air

(e)larut dalam air

 

PROBLEM 4.3

4.33Seimbangkan persamaan berikut dan tulis persamaan ionik dan net ionik yang sesuai (jika sesuai):

(a) HBr (aq) + NH3 (aq)  - > 

(b) Ba (OH)2 (aq) + H3PO4 (aq)  - >

(c) HClO4 (aq) + Mg (OH) 2 (s)  - > 

Jawab

(a) HBr (aq) + NH3 (aq)  - > NH4BR

(b) Ba (OH)2 (aq) + H3PO4 (aq)  - > Ba3(PO4)2 + H20

(c) HClO4 (aq) + Mg (OH) 2 (s)  - > Mg(ClO4)2 + H2O

 

4.54 Memprediksi hasil reaksi yang diwakili oleh persamaan berikut dengan menggunakan rangkaian aktivitas, dan menyeimbangkan persamaan.

(a) Cu (s) + HCl (aq) - >

(b) I2 (s) + NaBr (aq) - >

(c) Mg (s) + CuSO4 (aq) - >

(d) Cl2 (g) + KBr (aq) - >

Jawab

(a) Cu (s) + HCl (aq) - > CuCl2 + H2

(b) I2 (s) + NaBr (aq) - > Tidak terjadi Reaksi

(c) Mg (s) + CuSO4 (aq) - > MgSO4(aq) + Cu(s)

(d) Cl2 (g) + KBr (aq) - > KCl(aq)+Br2(g)

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Presentasi  Mata Kuliah Elektronika 2021 O L E H Nadya utari 2010951021 Dosen pengampu : Dr.Darwison,M.T Program studi : Teknik Elektr...